Mengapa Perlu Membaca

Tanpa kita sadari kegiatan membaca sudah kita lakukan sejak pertama kali masuk sekolah. Ini berlaku di seluruh dunia baik negara maju maupun negara berkembang. Salah satu alasan mengapa manusia bisa lebih maju dari makhluk lain karena manusia bisa membaca. Membaca itu mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja manfaat membaca itu.

Manfaat membaca yang pertama adalah dapat merangsang sel-sel otak. Dengan membaca otak kita akan dilatih untuk menangkap atau menyimpulkan apa yang sebenarnya yang ingin disampaikan oleh si Pengarang. Selain itu kita juga dapat melatih kemampuan untuk menggambarkan atau membayangkan apa yang tertulis dalam buku tersebut, misalnya pada saat membaca novel. Ini dapat mengasah kreativitas kita.

Yang kedua itu adalah membaca dapat menambah wawasan dan merupakan sumber dari segala ilmu. Ini sudah terbukti dari melihat banyak orang-orang pintar seperti professor. Mereka bisa seperti itu hanya karena banyak membaca. Dengan membaca, mereka mendapat pengetahuan yang luas kemudian mereka mencoba mengembangkannya melalui penelitian-penelitian dengan kreativitas dan ilmu mereka.

Membaca itu juga dapat mengubah sebuah bangsa menjadi lebih baik. Ini dapat dilihat dari perbedaan antara negara yang sudah maju dan yang sedang berkembang, misalnya masyarakat Indonesia dengan masyarakat Singapura. Masyarakat Iindonesia yang sebagian besar mempunyai minat baca yang relatif rendah dan masyarakat Singapura yang memiliki minat baca yang tinggi. Orang Singapura selalu membawa buku ke mana saja. Mereka selalu membacanya di mana mereka mempunyai waktu luang. Ini merupakan salah satu alasan mengapa mereka bisa lebih maju dari kita. Selain itu dari membaca mereka juga akan mempunyai tingkat kesadaran lebih tinggi dalam berbagai hal, misalnya mempunyai moral yang tinggi sehingga negara mereka bisa terlepas dari tindakan korupsi yang bakal merugikan negara mereka.

Manfaat membaca selanjutnya adalah dapat menambah perbendaharaan kata kita. Dengan banyak membaca kita pasti akan menemukan banyak istilah-istilah baru. Dengan kosakata yang banyak, ini akan memudahkan kita untuk menulis karena kita tidak akan kesulitan dalam merangkai kata-kata. Ini tidak begitu terasa jika kita menulis dalam bentuk bahasa Indonesia. Tetapi jika kita menulis dalam bahasa asing, salah satu yang harus kita lakukan adalah harus banyak membaca buku-buku dalam bahasa tersebut untuk mengetahui istilah-istilah yang mereka pakai untuk merangkai sebuah kalimat.

Manfaat terakhir dari membaca adalah dapat memperlambat atau mencegah penyusutan otak. Seperti yang kita ketahui bahwa semakin bertambahnya umur  semua anggota tubuh kita, termasuk otak, juga akan menjadi semakin lemah dan akhirnya rusak. Penyusutan otak dapat dihindari dengan membaca karena membaca itu melatih otak kita untuk berpikir terus menerus,seperti yang telah disebutkan di atas.

This entry was posted in lain-lain. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s